Tinjauan tentang Gaya belajar



Clark L. Hull pada tahun 1934 untuk pertama kalinya menge­mukakan ide mengenai teori gaya belajar dan konsep mengajar komprehensif yang banyak mempengaruhi penelitian dan eksperimen-eksperimen teori belajar pada tahun 1930-1950. la berpendapat, bahwa adanya perbedaan pendapat di kalangan para ahli pendidikan dari berbagai aliran tidak perlu dipertahankan dan diperdebatkan. Hal ini tidak akan banyak membantu memperjelas pandangan untuk menghasilkan teori-teori yang paling tepat mengenai proses pendidikan.

la juga mengusulkan pentingnya pendekatan yang lebih sistematis dalam mengumpulkan data dan menyusun teori-teori pendidikan. Pendekatan yang diusulkan Clark L. Hull pendekatan hipotetis-deduktif.

Ada dua golongan besar teori gaya belajar masa ini yakni golongan behavioristic yaitu teori belajar stimulus-respon atau conditioning theo­ries dan golongan gestalt-field atau cognitive-field theories yaitu teori belajar kognitif. Kedua teori belajar ini di samping mempunyai perbedaan bahkan pertentangan juga mempunyai persamaan. Persamaan-nya terletak dalam hal pandangannya terhadap manusia sama-sama menggunakan pendekatan ilmiah, keduanya melakukan pendekatan psikologi. Sedangkan perbedaannya terletak dalam asumsi mengenai prilaku manusia.

Golongan behavioristic bertolak dari asumsi bahwa perilaku manusia bisa pasif dan bisa aktif. Pasif dalam pengertian bah­wa perilaku manusia dikontrol oleh stimulusnya, dan aktif dalam pe­ngertian tingkah laku manusia dikontrol oleh responnya. Sedangkan Golongan Cognitive atau Getalt Field berasumsi bahwa perilaku ma­nusia sipatnya interaktif. Artinya perilaku manusia merupakan fungsi dari organisme dan lingkungannya (S-O-R). Disamping itu dalam golongannya sendiri kedua teori mempunyai keragaman pula.


Misalnya dalam golongan behavioristic para pengikut K.W. Spencer dan peng-ikut B.F. Skinner dalam banyak hal tidak ada kesepakatan. Demikian juga pada golongan Gestalt-field pengikut Kurt Lewin dan Kurt Koffka mempunyai banyak perbedaan. Perbedaan dari kedua golongan teori di atas nampak dalam hal pandangan atas pendapatnya mengenai intelegensia, ingatan, praktek belajar, transfer dll.

Related Posts :

0 Response to "Tinjauan tentang Gaya belajar"

Post a Comment